Memperhatikan Puting Susu Terasa Sakit, Apakah Tanda Awal Kehamilan? Kenali Gejalanya

Puting susu terasa sakit apakah tanda awal kehamilan? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering muncul di semua kalangan khususnya para wanita. Sebenarnya, ini menjadi salah satu pertanda kehamilan namun bukan satu-satunya.

Mengenal tentang Putting Susu

Salah satu bagian tubuh wanita yang sangat penting adalah puting susu. Tonjolan kecil di ujung payudara ini sangat sensitif dan berperan sebagai media pemberian ASI pada bayi. Namun kondisi ini bukan satu satunya pertanda kehamilan.

Puting akan sering terasa sakit. Jika perempuan merasakan hal tersebut sebelum ataupun pada saat ovulasi, maka kesimpulannya adalah ada kemungkinan sangat kecil untuk hamil. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon.

Pada saat ovulasi atau kesuburan pada wanita seringkali mengalami hal tersebut. Hal ini karena tumbuh memproduksi banyak ekstrogen dan sering mengalami perubahan mood..

Baca Juga: Pijat Panggilan Surabaya

Kapan Harus Memeriksakan Diri jika Putting Merasa Sakit?

Namun jika terasa nyeri setelah ovulasi atau bahkan berlanjut, maka bisa jadi sedang hamil. Terlebih jika bersamaan dengan gejala lain maka perlu melakukan pengecekan kehamilan dengan test pack. Berikut beberapa penanda kondisi hamil lainnya:

1. Mual dan Muntah

Apabila putting terasa sakit dengan muntah dan mual maka bisa jadi ini merupakan tanda kehamilan. Anda harus melakukan segera pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikannya.

Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan periode menstruasi apakah telat atau tidak. Jika mengalami semua berarti Anda sedang hamil.

2. Perubahan Mood

Puting susu terasa sakit apakah tanda awal kehamilan? Jawabannya iya. Ini biasanya terjadi perubahan suasana hati. Maka tidak heran jika sering menjumpai ibu hamil mengalami mood swing.

Terkadang mereka merasa senang. Akan tetapi kadang juga sedih dan cenderung lebih emosional. Ini menjadi salah satu gejala yang wajar dan akan hilang seiring dengan perjalanan waktu.

3. Internsitas Buang Air Kecil Meningkatkan

Wanita hamil akan mengalami peningkatan intensitas buang air kecil. Ini karena bagian saluran urinasi tertekan oleh janin sehingga ruangan semakin sempit. Di sisi lain, ibu hamil akan sering minum.

Selain itu, biasa indera penciuman akan sangat sensitif. Maka sering terlihat jika wanita hamil sering muntah dan mual ketika mencium sesuatu yang menyengat. Terkadang ini juga bersama dengan rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Penyebab Puting Payudara Terasa Nyeri

Seorang perempuan memiliki hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini dapat berubah jumlahnya. Perubahan tersebut mengakibatkan adanya rasa nyeri pada payudara yang menandakan menstruasi ataupun kehamilan.

Namun ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan rasa sakit pada puting. Hal seperti mastitis, infeksi, akibat gaya hidup dan lainnya juga berpengaruh. Maka dari itu jika Anda menunggu kehamilan maka sebaiknya mengetes dengan test pack.

Selain itu, memahami siklus menstruasi dan ovulasi juga perlu agar memudahkan untuk mengetahui kehamilan. Hal ini karena pada beberapa wanita tidak selalu mengalami gejala umum saat hamil.

Puting Susu Terasa Sakit, Apakah Tanda Awal Kehamilan?, Segera Periksan ke Dokter

Setelah menikah, hal yang paling istimewa adalah kehadirannya adalah sang buah hati. Seorang perempuan yang hamil tentu akan mengalami perubahan pada tubuhnya baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu perlu mengetahui tandanya.

Jika sudah mengalaminya maka harus segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Hal ini bertujuan agar segera mendapatkan nutrisi dan vitamin tambahan untuk ibu dan calon bayi.

Demikian informasi singkat yang menjawab pertanyaan puting susu terasa sakit apakah tanda awal kehamilan terjadi karena hamil. Bagi calon ibu, segera cek kehamilan dan periksa ke dokter untuk memantau kehamilan secara rutin.

Leave a Comment